17 July 2024
Trending Tags

Pentas jathilan jadi cara kaum muda tambong kulon, Klaten lestarikan kesenian daerah

Brantas.co.id -Klaten- Berbagi upaya terus di lakukan agar kesenian ini tidak punah di telan zaman yg serba modern,jathilan atau yg sering di sebut “kuda lumping” merupakan salah satu kesenian di indonesia. Meski pada umumnya menampilkan tarian khusus,jathilan juga menyuguhkan sejumlah atraksi bernuansa magis.

Pentas seni jathilan di gelar oleh kaum muda dukuh tambong kulon kecamatan kalikotes kabupaten klaten, menampilan jatilan “krido budoyo” dari kayumas jatinom pipinan bapak sugimin
Koordinator kesenian jathilan kaum muda dukuh tambong kulon,Heri uc menggandeng sejumlah sponsor  BRAVE trans, BR QUEEN, selera audio, karoseri berkah saputra, indoliterasi, smartfren, wawan wifi, afria clotes, ABC catering, Pt gempita adji sentosa dan putra pratama snack untuk menghelat kegiatan ini.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk melestarikan budaya,karena provinsi jawa tengah sendiri terkenal dengan seni kebudayaan” kata Heri uc.

Bagi kaum muda dukuh tambong kulon,pelestarian kesenian tradisional sangat penting di lakukan karena indonesia banyak mengalami gempuran budaya asing yang menggerus nilai-nilai budaya lokal.

Mendapat apresiasi luar biasa oleh masyarakat,ratusan warga dari berbagai kalangan usia tumpah ruah menyaksikan acara tersebut.sabtu (02/12/2023).

Menanggapi tingginya antusiasme warga,kaum muda dukuh tambong kulon berkominten tahun depan untuk kembali mengadakan pentas seni di dk tambong kulon desa kalikotes kecamatan kalikotes kabupaten klaten.

Semenjak pasca Covid-19. ini jadi awal di selenggarakanya petas seni jathilan untuk masyarakat dukuh tambong kulon dan sekitarnya. Lewat pentas seni jatilan ini kaum muda dk tambong kulon mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan kebudayan. (anas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post PSIK Klaten Kokoh di Puncak Klasemen Grup C Liga 3 Jateng
Next post Anniversary BRAVE trans jogja berkarya memajukan program pemerintah tentang Moda transportasi yang memadai