13 June 2024
Trending Tags

Ada Beberapa Dugaan Penyimpangan Selain Pembangunan Gedung Kesenian Jiwan

Sri Lestari Kepala Desa Jiwan, Karangnongko , Klaten

Brantas.co.id – Klaten – Bukan semakin mereda rumor dugaan penyimpangan dalam pembangunan gedung kesenian Desa Jiwan, namun justru dari penelusuran awak media muncul dugaan beberapa penyimpangan oleh oknum Kepala Desa Jiwan Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten.
Dari sebuah sumber warga Jiwan yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan bahwa dana-dana yang masuk ke rekening desa begitu dicairkan langsung dibawa Kades bukan Bendahara Desa.
Bahkan bantuan hewan ternak dari Pemprop Jateng juga tidak sesuai peruntukannya, hewan (sapi) tersebut justru dikelola langsung oleh Kepala Desa disamping rumah tinggalnya.
“Ya,mas,,,ada sapi bantuan untuk kelompok ternak tapi dipelihara oleh bu Lurah di rumahnya dan diakui sebagai milik pribadi,” kata warga yang tidak mau disebut namanya.
Tanpa sepengetahuan Kades, ketika wartawan Brantas menyambangi kediaman Kades,memang ada beberapa ekor sapi dalam kandang samping rumah.

Kepala Desa Jiwan, Sri Lestari ketika ditemui di kantornya Senin (25/4/2022) menyatakan bahwa semua itu tidak benar dan bermaksud menjatuhkan dirinya karena mendekat masa pemilihan Kades.
“Ini kan sudah mendekati masa pemilihan Kades atau istilah mendekati tahun politik,ya wajar muncul isu begitu,” papar Sri.
Masih dalam kesempatan yang sama,Kades menyatakan bahwa pembangunan gedung kesenian sudah dilakukan sesuai prosedur dan sesuai bestek. Dia juga menyatakan bahwa perlu campur tangan pihak lain karena masyarakat belum ada yang mampu atau tidak punya keahlian khusus. Sri menyatakan hal itu terkait rancang bangun dalam gedung menggunakan rangka baja ringan jadi harus menggunakan ahli dan konsultan dari luar.

Di tempat dan waktu terpisah, atas permintaan Kades untuk bertemu dengan awak media Brantas di Resto Papringan depan gedung Inspektorat Klaten, menyatakan dan neminta untuk menjalin persahabatan serta meminta pemberitaan seputar desa Jiwan tidak diperpanjang.
“Pak saya hanya menjalin persahabatan dan kerjasama tidak mencari masalah, demi Allah saya takut dengan sumpah jabatan jadi takut untuk menyeleweng.” kata Kades Sri.

Sri Lestari juga menyatakan bahwa pihak Inspektorat Klaten juga sudah menyatakan bahwa pembangunan gedung kesenian Jiwan dan kegiatan lainya tidak ada permasalahan.
“Dari Inspektorat juga sudah nenyatakan pembangunan gedung tersebut sudah sesuai dan tidak ada masalah,’ pungkasnya.

Akan tetapi dari beberapa warga Jiwan dan ormas akan membawa dugaan penyimpangan oknum Kades Jiwan ke ranah hukum.
Wartawan : Agus S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kasus Pencurian Gabah Di Beberapa Wilayah Kabupaten Klaten Berhasil Diungkap Polres Klaten
Next post Dinas Perindagkop Klaten Lakukan Penjualan Minyak Goreng Bersubsidi Di Kemalang