23 June 2024
Trending Tags

Gapoktan Tani Manunggal Desa Tumpukan Karangdowo Mendapat Bantuan Program IP 400 Dari Kementan

Brantas.co.id – Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten mencanangkan program Indeks Pertanaman Padi 400 (IP 400) untuk mendongkrak produksi padi.Dengan menargetkan 1.000 hektare lahan untuk program IP 400.
Desa Tumpukan Kecamatan Karangdowo adalah salah satu yang menjalankan peogram Indeks Pertanaman Padi 400 (IP 400).

Gapoktan Tani Manunggal Desa Tumpukan Kecamatan Karangdowo Klaten tahun ini termasuk salah satu yang mendapat bantuan dari Kementan guna mendukung program IP 400. Bantuan berupa pupuk tepung, pupuk cair, pupuk pembenah tanah, pupuk kompos. Bantuan bibit padi juga diberikan ke petani lewat kelompok tani yang ada di Gapoktan Tani Manunggal.

Seperti diketahui, Padi IP 400 merupakan program bantuan pemerintah yg mendorong peningkatan indeks pertanaman menjadi 4 kali tanam dalam satu tahun dengan memanfaatkan varietas padi super genjah yang memiliki umur panen pendek.

Menurut Hartono, pengurus Gapoktan Tani Manunggal, bahwa dengan program IP 400 ini petani sangat terbantu dalam pengelolaan lahan sawah serta merawat tanaman padi mereka.
“Sangat – sangat membantu petani dan kita tahu petani merupakan ujung tombak sebagai penyangga lumbung pangan (padi) nasional”, ungkap

Bibit Mardi Mulynono seorang petani penggarap lahan juga mengungkapkan bahwa dengan ini sangat membantu dan berterima kasih kepada pengurus Gapoktan Tani Manunggal karena sudah menyalurkan bantuan dari pemerintah dan diberikan gratis.
“Matur nuwun, saya sangat terbantu dengan diberi bantuan bibit padi, pupuk serta obat – obatan hama secara gratis tidak dikenakan biaya sedikitpun”, tutur petani penggarap tersebut.
Wartawan : Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Komisi III DPRD Klaten Mendesak Pemerintah Kabupaten Menutup Kegiatan Penambangan Galian C Ilegal
Next post 40 Pemuda Muhammadiyah Klaten Berlatih Jurnalistik