13 June 2024
Trending Tags

ASN Berperan Penting Wujudkan Tujuan Negara

Brantas.co.id – KLATEN – Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten, Hj Surti Hartini, SH, CN menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai peran penting dalam mewujudkan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seperti yang termaktub dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945 masing-masing melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Penegasan Asisten III Setda Kabupaten Klaten, Hj Surti Hartini, SH, CN tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi (rakor) Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kabupaten Klaten yang diadakan di Resto Latare Simbah Klaten, Selasa, 7 Juni 2022. Kegiatan tersebut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Prokopim Setda Klaten yang juga Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan (Kopim), Tri Nugroho Pujo Warono, SSTP, SM, Sub Koordinator Protokol Poniran, SSos dan Sub Koordinator Dokumentasi Pimpinan, Muhamad Nurcahyo Sasongko, SKom.
Menurut Hj Surti Hartini, unsur-unsur terbentunya negara yakni mempunyai penduduk yang tetap, wilayah yang pasti, pemerintahan dan kemampuan untuk mengadakan hubungan dengan negara lain. Kemudian negara dipimpin oleh pemerintah dan pemerintah untuk mewujudkan tujuan negara salah satunya dengan mengangkat ASN dan ASN sendiri ada dua masing-masing Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Dikatakan, untuk pemerintah pusat dipimpin presiden, provinsi dipimpin gubernur, kabupaten dipimpin bupati dan untuk kota dipimpin walikota. Dalam mewujudkan tujuan negara ASN mempunyai tiga fungsi utama masing-masing melakukan pelayanan publik, pelaksana kebijakan pemerintah dan sebagai alat pemersatu bangsa.
Lebih lanjut dijelaskan, fungsi yang pertama ASN melakukan pelayanan publik seperti yang dilakukan para ASN di Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang dibentuk pemerintah misalnya pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Dinas Dukcapil Klaten. Kemudian pelayanan perijinan dan berbagai jenis pelayanan publik lainnya, contohnya di Bagian Prokopim yang melayani kerotokoleran, dokumentasi pimpinan maupun komunikasi pimpinan.
“Sebagai pelaksana kebijakan pemerintah, maka ASN salah satunya mendukung terujudnya visi pemerintah. Kalau untuk Kabupaten Klaten ASN harus mendukung terujudnya visi Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM dan Wakil Bupati Klaten H Yoga Hardaya, SH, MH seperti tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klaten tahun 2021-2026 yakni terwujudnya masyarakat Klaten yang maju, mandiri dan sejahtera,” jelas Hj Surti Hartini.
Kemudian lanjut Hj Surti Hartini, ASN sebagai alat pemersatu bangsa wajib hukumnya untuk menegakkan 4 pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. “ASN harus menegakkan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. ASN wajib hukumnya mewaspadai dan menolak ideologi selain Pancasila,” tegas Hj Surti Hartini.

Jaga Kekompakan
Plt Kepala Bagian Prokopim Setda Klaten yang juga Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan, Tri Nugroho Pujo Warono, SSTP, SM dalam arahannya mengatakan, agar seluruh jajaran ASN dan sporting ASN untuk selalu menjaga kekompakan. Diharapkan, ASN dan sporting ASN tidak terkooptasi pada masing-masing sub koordinator, namun antar subkoordinator bisa saling membantu dalam pelaksanaan tugas.
Sehingga ke depan, kata Tri Nugroho Pujo Warono yang akrab disapa Mas Wowok, tugas-tugas protokol, dokumentasi pimpinan dan komunikasi pimpinan akan semakin baik. “Apalagi ASN dan sporting ASN di Bagian Prokopim ini rata-rata masih muda, sehingga harapannya tugasnya semakin baik,” ujarnya.
Sedangkan Sub Koordinator Protokol, Poniran, SSos mengatakan, rakor Bagian Prokopim salah satunya juga membahas pengembangan website Bagian Prokopim Setda Klaten yakni https://prokopim.klaten.go.id/web dalam rangka mendukung keterbukaan informasi publik di Kabupaten Klaten. “Saat ini website Bagian Prokopim Setda Klaten sudah cukup bagus, namun harus terus dilakukan pembenahan dan ditingkatkan agar semakin baik,” katanya.
Di akhir acara pada rakor Bagian Prokopim Setda Klaten ada “kejutan” munculnya roti ulang tahun lengkap dengan nyala lilin yang dibawa sporting ASN, Lusiana dari Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan. Ternyata ada yang ulang tahun yakni Plt Kepala Bagian Prokopim Setda Klaten yang juga Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan, Tri Nugroho Pujo Warono, SSTP, SM alias Mas Wowok dan Mbak Yuni selaku Bendahara Bagian Prokopim Setda Klaten. “Selamat ulang tahun Mas Wowok dan Mbak Yuni, semoga sehat selalu, panjang umur, sukses, berbahagia dan selalu dalam ridho Allah SWT,” ujar Paidi, staf Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan. (Prokopim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Belum Juga Melakukan Proses Hukum Lanjutan, Widodo Pertanyakan Profesionalisme Penyidik Polresta Banyumas
Next post Relawan Muda Tim 7 Satu Sikap 2024 Bersama Jokowi