13 June 2024
Trending Tags

Gunung Merapi Pagi Ini : 7 Kali Keluarkan Guguran Lava Pijar ke Barat Daya

Brantas.co.id – Yogjakarta – Gunung Merapi perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta terpantau meluncurkan 7 kali guguran lava pijar pada Minggu (10/7/2022). Itu merupakan hasil amatan BPPTKG Yogyakarta sepanjang pukul 00.00-06.00 WIB.

Gunung Merapi tercatat mengalami 22 gempa guguran, satu kali gempa hybrid atau fase banyak, dan dua kali gempa tektonik jauh.
“Teramati guguran lava pijar 7 kali dengan jarak luncur maksimum 2000 meter ke barat daya,” terang Kepala BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso.

Dari hasil pengamatan lain menunjukkan adanya asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 30-50 m di atas puncak kawah.

Dari hasil pengamatan tersebut maka tingkat aktivitas Gunung Merapi adalah level III atau Siaga.

Guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Di sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

Untuk lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km bahkan lebih dari puncak.

Kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

“Apabila terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” paparnya. (Aguss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kapolres Demak Serahkan Sapi Kurban ke Takmir Masjid Agung Demak
Next post Proses Hukum Lanjutan Pemicu Bentrok di Kawasan Babarsari Sleman