13 June 2024
Trending Tags

Beberapa Wilayah Besok Rabu 6 Juli 2022 Akan Dilanda Hujan Lebat Dan Petir

Brantas.co.id – Prakiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrem di Indonesia yang akan terjadi pada Rabu (6/7/2022).

BMKG juga memperkirakan beberapa wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Dikutip dari laman web.meteo.bmkg.go.id, Selasa (5/7/2022), Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata, Filipina bagian Tengah, di Maluku Utara dan di Papua bagian barat.

Dengan adanya Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Riau hingga Kep. Riau, dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu.

Juga di Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Utara, di Laut Sulawesi, di Sulawesi bagian tengah, di Sulawesi Utara, dan Maluku.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada esok (Rabu) (6/7/2022).

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan.

Wilayah berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin : Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara.

Wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang adalah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. (Aguss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Berjalan Sukses, Polri Apresiasi Partisipasi Masyarakat Pada Puncak Acara HUT Bhayangkara di Akpol
Next post Astaghfirullah, Pasangan Muda Ini Diduga Mesum di Atap Masjid